Produk Berkualitas

banner_003

CozmoExtents™ adalah produk suplemen yang resmi dan terdaftar di BPOM Indonesia dengan No.Reg POM SI 154 505 521.

Dalam proses meregistrasikan produk ini di BPOM Indonesia, adalah merupakan proses yang cukup panjang. Dikarenakan produk ini adalah produk suplemen dengan material utama Glutathione yang pertama ada. Sehingga BPOM Indonesia belum mempunyai database dan daftar pustakanya.

“Seluruh hasil analis laboratorium yang dilakukan untuk CozmoExtents, akan menjadi referensi untuk produk lain serupa dimasa mendatang” , kata petugas BPOM.

SUPLEMEN VS MAKANAN

Kami menanyakan tentang produk lain yang mengklaim berbahan dasar Glutathione yang telah beredar, BPOM menjelaskan bahwa belum pernah ada yang meregistrasikan produk dengan bahan dasar utama Glutathione. Beberapa merek yang telah terdaftar kami tanyakan, ternyata hanya masuk kategori MAKANAN Bukan SUPLEMEN. Oleh karenanya, nomor registrasinya hanya masuk kategori MD (Makanan Domestik). Kategori Makanan intinya hanya bersifat mengenyangkan dan rasa seperti susu, kopi, biskuit, bumbu masak dan lain-lain.

Produk kategori makanan, TIDAK BOLEH MENGKLAIM kesehatan dengan efek tertentu, apalagi mengklaim dapat mengobati penyakit tertentu atau mencerahkan kulit misalnya. Lain halnya dengan Suplemen.

Produk dengan kategori ini, harusnya memang dirancang untuk kebutuhan khusus, seperti : menyehatkan kulit, mata, otak, melancarkan peredaran darah dan lainnya. BPOM Indonesia mengeluarkan label registrasi dengan kode SI (Suplemen Import) dan SD (Suplemen Domestik) untuk produk dengan kategori ini.

Tips berikutnya, jika Anda mendapatkan produk dengan klaim efek khusus, lihat kemasannya apakah mereka menyediakan informasi komposisi secara detail, karena BPOM Indonesia mengharuskan untuk menampilkan komposisi detail yang telah di uji sendiri oleh BPOM. Jika TIDAK ada, maka itu adalah sebuah kesalahan atau abal-abal.

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat Badan POM adalah sebuah lembaga di Indonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Sistem Pengawasan Obat dan Makanan (SisPOM) yang efektif dan efisien yang mampu mendeteksi, mencegah dan mengawasi produk-produk dengan tujuan melindungi keamanan, keselamatan dan kesehatan konsumennya baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk itu telah dibentuk Badan POM yang memiliki jaringan nasional dan internasional serta kewenangan penegakan hukum dan memiliki kredibilitas profesional yang tinggi.

Menurut Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI Nomor HK.00.05.1.23.3516, 31 Desember Tahun 2009 Tentang Izin Edar produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan dan makanan yang bersumber, mengandung, dari bahan tertentu dan atau mengandung alkohol. Untuk lebih rinci mengenai peraturan tersebut, Anda dapat mengeceknya di http://www.pom.go.id/public/hukum_perundangan/pdf/HK.00.05.1.23.3516.pdf BAB I Pasal 1 Ayat 6 dan 7.